Tuesday, January 20, 2015

Pengakuan Seorang Tukang Jahit

Tukang Jahit. Saya jadi teringat si uda langganan saya di pasar Musi Depok Timur yang dengan keahliannya selalu berhasil menjahit setelan blazer untuk saya sewaktu saya masih bekerja di Jakarta.

Omong-omong soal tukang jahit, salah satu kegiatan yang suka saya lakukan dihari luang adalah menjahit. Entah darimana awalnya, tetapi sejak dua tahun terakhir saya jadi sangat tertarik soal jahit menjahit, terutama menjahit pakaian. Saya merasa kalau saya sedang menjahit saya dapat berkreasi sesusaka saya, se kreatif apapun tanpa ada yang mengatur untuk melakukan ini atau itu. Berbeda waktu saya kerja dahulu, ke kreatifan saya dibatasi kebijaksanaan tempat saya bekerja. Sepertinya menjahit menjadi salah satu kegiatan yang dapat membuang rasa stress saya terutama stress soal pekerjaan.

Saat ini, karena saya tidak bekerja lagi, maka sayapun memiliki banyak waktu luang untuk menjalankan hobi saya tersebut. Hari ini saya berencana untuk membuat TUTU (rok balet) untuk Maddy. Nanti kalau TUTU nya sudah jadi akan saya posting....... Saya pun pergi ke Jo-Ann.

Apa sih Jo-Ann itu? Jo-Ann Fabric and Craft store adalah retail terbesar di Amerika yang menjual segala peralatan menjahit dan craft. Bayangkan supermarket seperti Giant atau Hero di Indonesia tetapi yang mereka jual adalah ribuan jenis bahan, benang, gunting, mesin jahit atau peralatan menjahit lainnya, dari A sampai Z. Semua ada di Jo-Ann.









Tidak hanya itu, Jo-Ann juga menjual alat alat craft atau pekerjaan tangan seperti scrapbooking, alat menyulam, benang untuk menyulam, perlengkapan membuat jewelry atau perhiasan, bahkan kalau kita ingin membuat gorden untuk jendela di rumah kita, semua bisa didapatkan di Jo-Ann. Toko ini juga menyediakan alat alat craft untuk anak anak; dari mulai Play Doh, tanah liat ataupun alat alat untuk menggambar dan melukis.
Berbagai warna benang wol 




Woods and craft

Benang


Saya sering menghabiskan waktu di toko ini. Kalau saya terinspirasi untuk membuat dress atau rok untuk saya dan Maddy, maka Jo-Ann adalah tempat pelarian saya. Bahan-bahan di Jo-Ann tersusus rapi di rak rak yang sudah disediakan. Bahan-bahan di kategorikan berdasarkan jenis bahannya dan kemudian disusun berdasarkan warna. Jadi sangat mudah untuk menemukannya. Contohnya, bahan jenig katun disusun di isle dan di rak-rak yang sama, kemudian diatur berdasarkan warna.



Pattern 

Bahan untuk membuat taplak meja, gorden atau jok kursi


Siang ini saya mencari bahan berjenis tule untuk Tutu-nya Madelyn maka dengan mudah saya menemukan isle yang terdiri dari bahan-bahan tule. Setelah saya memilih warna, saya pun membawa bahan tersebut ke tempat pemotongan bahan sesuai berapa meter yang saya ingingkan. Pegawai Jo-An memberikan tanda terima dengan harga total bahan kepada saya. Setelah itu, saya membawa bahan tersebut ke kasir.

Oh ya, satu hal yang sangat saya sukai dari Jo-Ann adalah katalog yang mereka kirimkan ke alamat rumah saya lewat pos setidaknya sebulan dua kali. Di katalog tersebut terdapat kupon dan promosi yang mereka lakukan di toko. Saya juga dapat mengupload applikasi Jo-Ann lewat iPhone saya. Di aplikasi tersebut saya mendapatkan promosi berupa kupon atau diskon juga.

Untuk yang ingin belajar menjahit, Jo-Ann juga membuka kursus menjahit singkat dengan harga yang sangat terjangkau.

Kalau di Indonesia ada sebuah toko seperti Jo-Ann, si uda tukang jahit langganan saya dulu pasti sangat senang. Bisa-bisa si uda ngga mau pulang.

Window rods



Berbagai macam renda

Buttons anyone?




15 comments:

  1. Jo-Ann emang keren ya Ta. Gw pernah sekali ke situ duluuuu banget. Gw yang non-crafty aja kalap coba gimana yang crafty hahaaha

    ReplyDelete
  2. Keren banget Yen. Di dekat rumah Jo-Ann nya gede, luas banget.

    ReplyDelete
  3. salam kenal ya Mak. Dududuh, ini toko surga craft banget. Seandainya di Indo ada yang kayak gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Indri. Salam kenal juga. Bener banget, seandainya toko seperti Jo-Ann ada di Indonesia pasti asyik banget. Seperti surga buat yang suka craft atau jahit menjahit.

      Delete
  4. Mba erita salam kenal ya
    ..aku di depok juga mba,pasar musi hihi deket smpku dulu.itu toko bahan kalau ada di indonesia,bisa2 aku ngendon seharian he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fadlun, salam kenal juga. Duh, jadi kangen pasar musi. :)

      Delete
  5. Seandainya si Jo-Ann ini buka cabang di Indonesia, saya bisa kemping di situ !
    Salam kenal dari Bogor, mba Erita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ratna, salam kenal juga. Terima kasih udah mampir. :)

      Delete
  6. Itu surga banget buat hobi crafting saya.. Semoga nggak lama lagi di indonesia ada yg seperti Jo Ann ini, amiin.

    ReplyDelete
  7. Huaaaaa aku yang nggak bisa jahit aja seneng liatnyaaa!!! Ngarep banget bisa belajar jahit otodidak, biar bisa punya ini-itu yang bikin sendiri. Huks.

    ReplyDelete
  8. Seandainya di indonesia ada spt ini wow...

    ReplyDelete
  9. Paling suka deh liat perlengkapan kayak gitu, serius, thanks for sharing btw.

    Salam,
    Shera.

    ReplyDelete