Tuesday, March 10, 2015

In Sewing: Dresses and Skirts (Menjahit: Dress dan Rok)

"Grandma, you're really good at sewing. I hope someday I can sew a dress like you do"

 Over 30 years ago, a little girl was watching her grandma sewing with an old Singer sewing machine.

 "Nenek pintar sekali menjahit. Mudah-mudahan suatu saat nanti saya bisa menjahit seperti nenek"

 Hampir lebih dari 30 tahun yang lalu, seorang anak perempuan kecil mengamati neneknya yang sedang menjahit dengan mesin jahit Singer tua.



 ________________

Since I was young, I have been interested in sewing but I have never really pursued it until I moved to the United States almost 12 years ago. Being new to this country with no jobs at that time, I could not stay around the house doing nothing while waiting for my husband to come home from work. So I did a little sewing. We did not have any sewing machine at that time. My first three sewing projects are a table cover, a hanging shoe rack and a sofa cover. Yes, you read it right. A sofa cover. Because we did not have a sewing machine at that time and how did I do it? Yes you are right. By hand. I sewed by hand. Whew, talking about a girl who was trying to kill the time.

Sejak kecil, saya memiliki berminat untuk belajar menjahit tetapi saya tidak pernah benar benar belajar serious sampai akhirnya saya pindah ke Amerika hampir sekitar 12 tahun yang lalu. Sebagai penduduk baru di negara ini dan saat itu saya belum bekerja, saya tidak betah duduk diam di rumah menunggu suami pulang kerja. Akhirnya iseng-iseng saya menjahit. Saat itu kami tidak memiliki mesin jahit. Tiga project jahitan pertama saya adalah taplak meja, rak sepatu yang di gantung, dan alas sofa. Karena kami tidak memiliki mesin jahit saat itu, maka sayapun menjahit dengan tangan. Ya, betul dengan tangan. Whew, bayangkan gimana bosannya saya saat itu dan yang saya inginkan adalah agar waktu cepat berlalu. 


I bought this basic Singer sewing machine almost two years ago for a little bit well over $100 and 6 months after that I bought the serger machine (mesin obras). These are my two favorite toys.

I find a great deal of joy by sewing. Sewing is like my way of healing from the stress that I had at work. I feel like by sewing I can be myself. I can do anything I want to do. I can create something that I know I'll like. I can be creative without anybody telling me what to do. I have never had any formal training on sewing. I learn as I go.
Fortunately in this era where everything seems to be available for 24 hours, there seems to be no limit of what I'd like to learn. If I want to learn anything, it is just a simple one typing away. I found so many great instructions, tutorials the e-how to on Pinterest, Youtube, and Google. There are so many amazing easy to follow tutorials out there. I have been through so many trials and errors and I did not give up. After all, that's how we learn. From a very simple skirts from my daughter, now I can sew a couple of skirts and dresses for her and myself. I also sewed matching dresses with her.

Saya menemukan kesenangan saat menjahit. Saat masih bekerja, menjahit adalah obat stress saya. Dengan menjahit saya merasa dapat menjadi diri sendiri. Saya dapat melakukan apapun yang sama mau. Saya dapat menciptakan sesuatu yang saya tahu akan saya sukai. Saya dapat berkreasi tanpa ada yang memerintah saya untuk melakukan ini atau itu. Saya tidak pernah mengecam pendidikan formal dalam menjahit. Saya belajar saat melakukannya. 
Untungnya, di era saat ini karena kita dapat mengakses segala sesuatu dalam 24 jam, sepertinya tidak ada batasan untuk bisa belajar. Jika kita ingin belajar sesuatu mudah sekali caranya. Saya temukan instruksi dan tutorial online seperti Pinterest, Youtube dan Google. Banyak sekalu instruksi yang dapat dengan mudah saya ikuti dari website-website tersebut.
Saya mengalami banyak percobaan dan kegagalan dalam belajar menjahit tetapi saya tidak menyerah. Lagipula itu adalah cara kita belajar. 
Dari sebuah rok sederhana untuk anak saya, akhirnya saat ini saya bisa menjahit baju dan rok untuk anak saya dan saya sendiri. Saya juga menjahit beberapa baju yang mirip dengan anak saya.


Dress for her and skirt for me


Matching dresses for us


Do you like to sew? If you do, would you care to share with me?
I am still learning. I am actually thinking of taking a formal class in sewing. To improve my skill.

Apakah kalian suka menjahit? Jika iya, bagi ceritanya ke saya dong?
Saya masih belajar. Saya sebenarnya berpikir untuk mengambil kursus menjahit. Untuk meningkatkan skill saya.

Below are some of my the clothes that I sewed. I have sewed more than the one in this blog.

Berikut adalah beberapa pakaian yang saya jahit sendiri. Saya telah menjahit lebih dari foto di bawah ini.

Matching dresses for me and my daughter

Matching dresses for me and my daughter

The easiest dress to make. It's a T-shirt dress



The Chevron pleated skirt

Flowery skirt with elastic band
Proudly wear the skirt I made to work

The color block skirt



Gingham red dress



Spring dress


Gingham romper 

Add caption



It's very French skirt

T-shirt dress

This dress is inspired by Zara kids dress


A-Line skirt

Chevron pleated skirt

I made this dress from her used T-shirt. I just combined the T-shirt and the skirt.

Every girl needs a maxi dress, right?

Polka dot skirt


Do you want to see what I made for Halloween 2014?  Look below!!!!


Halloween theme skirt



I sewed this Raggedy Ann outfit for myself, only because my husband got the little Raggedy Ann outfit for our daughter. To match her outfit, I made one for myself and just bought the wig.

Saya menjahit kostum boneka Raggedy Ann untuk saya, karena suami saya membeli kostume boneka yan sama buat anak saya. Saya pikir biar matching, saya bikin saja kostume berukuran besar buat saya.
The first Halloween costume I sewed for myself


This is my daughter's outfit. We bought this one.

Our matching Halloween outfit




47 comments:

  1. Aww lucu2 bgt sih mak...
    saya juga masih belajar jahit tapi nyari waktunya itu susahnya....*toyor diri sendiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fee. Terima kasih. Iya memang, waktu itu susah di cari ya..hehehe. Tapi kalau memang suka, coba luangkan sedikit waktu. Misalnya 2 jam setiap minggu di khususkan untuk melakukan sesuatu yang kita suka. Pasti puas deh rasanya. :)

      Delete
  2. Lucu mak!!! Bangga dong ya pake bikinan sendiri ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangggaaaaaa banggeeeeeeddddd. Apalagi kalau dapat pujian. Disamping itu jadi bisa ngirit ;)

      Delete
  3. Cakep cakep semuaaaaaaa...
    Seneng bgd donk si kecil ya mak ya....
    Kece badai daahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Inda. Terima kasih. Si kecil seneng banget kalau dibikinin baju. Kadang dia suka pamer ketemen-temennya. Terus temen-temen nya pada minta dibikinin baju sama mak mereka..hahaha.

      Delete
  4. Wah... Ini mah bukan dalam tahap belajar lagi atuh... Melainkan sudah profesional πŸ˜ŠπŸ‘ saya pengen banget bisa jahit. Sayang blm punya mesinnya.... Mesin jaman sekarang bagus2 dan pasti mahal. Belum ada anggarannya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhhhh....terima kasih Okti. Sepertinya harga mesin jahit di Indonesia lebih mahal ya daripada di sini. Kalau disini lebih murah karena produknya banyak. Bahkan ada bisa beli bekas. Sudah nyoba dan ngecek di Ebay?
      Mudah-mudahan bisa cepat beli suatu saat nanti ya.

      Delete
  5. inspiring bgt..jd pengen ngelanjutin belajar njait..pengen juga bisa pake baju bikinan sendiri dan kembaran sama si unyil :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo diterutin minatnya. Apalagi kalau punya anak cewek, senang bisa kembaran. :)

      Delete
  6. keren...pilihan kainnya pun keren-keren...menjahit itu butuh ketelitian, kesabaran dan selera yang bagus... salut deh sama mak erita.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dewi. Terima kasih. Disini model bahan banyak dan bagus-bagus. Bahkan bisa beli online juga.

      Delete
  7. suka jugaaaa... tp ni udh bbrp bulan blm nyenggol mesin. pdhl udh kangen. Rafa suka bete klo emaknya jahit. haha...ga ada yg nmenin main soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Rafa pas lagi bobo coba nyuri waktu buat ngejahit ;)

      Delete
  8. Aku gak bisa jahit :p mamaku yang bisa. Wah, baju2nya bagus mbak, itu udah bisa dijual, lho :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, nanti deh kalau udah PD baru berani jualan. Makasih ya Arifah.

      Delete
  9. ga bisa jait :( bagus2 mba bajunya...

    ReplyDelete
  10. weeww... bagus2 n banyak banget koleksinya maak. dulu bs jahit tp ga diseriusin jd lupaa semua.

    ReplyDelete
  11. waaah banyak banget dan bagus2 :)

    ReplyDelete
  12. Keren maak..gemes deh liatnya, cantik-cantiik...ini mah udah ahli mak..ibuku juga jago jahit, tapi aku belibet mau belajar, hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, emang suka belibet. Dulu saya juga gitu, sampai pingin ngebanting mesin rasanya.

      Delete
  13. Cakeeep mbak, sy jg suka dan lg pengen belajar menjahit sih, tp mau beli mesin jahitnya masih mahal :D

    ReplyDelete
  14. Cantik ya bajunya :) Aku punya mesin jahit tapi jaraaang banget dipakai *tutup muka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihihi......coba bikin satu deh, habis itu jadi keterusan ;)

      Delete
  15. Aiiihh bagus2 jahitannya Mb Erita. Ibuku bisa njahit spt itu, tapi akunya sungguh payah nggak bisa2. Kurang tekun nih daku ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus sabar Uniek. Kalau tekun lama-lama pasti bisa. Terima kasih ya.

      Delete
  16. waaa...bagus-bagus mak...
    pengen bisa jahit baju sendiri juga...mau berguru padamu mak *kedip-kedip*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, terima kasih ya. Nanti saya posting tutorial deh biar para emak emak di Indonesia bisa belajar juga. :)

      Delete
  17. waaa cantik-cantik semuaaaaa! O__O dulu aku cita-cita pengen bikin dress buat anakku kaya ibuku dulu bikin baju buat aku. eh ternyata anakku cowo, bubar jalan hahaha tapi sampai sekarang masih sering nongkrongin blog orang yang hobi jahit.. mupeeenggg tapi syibukkkk.. *sok sibuk* XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, memang kalau anak cowok ngga banyak yang bisa kita bikinin ya. Paling kemeja dan celana. Coba bikin buat diri sendiri?

      Delete
  18. Aw! Beautiful and gorgeous dresses. Mak, suka sama postingan ini, menginspirasi. Asik yah pas punya anak perempuan bisa puas2in dandan pake baju2 cute dan luar biasanya bikin sendiri. Saya pantau terus update-annya ya mak.

    Salam kenal,
    Warm regards, Zia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Zia,
      Terima kasih ya. Intip terus, nanti saya bakalan posting tutorial menjahit juga.

      Salam kenal,
      Erita

      Delete
  19. Lucu2 maak bajunya.. dulu ibuku juga suka njait baju untuk anak2nya, bajunya apik2 apalagi buat adikku yang masih kecil, dimodif gitu kain motif ini sama sisa kain motif yang lain.Kreatif!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Rahmi. Pasti senang ya punya ibu yang pinter ngejahit. Kalau saya dulu nenek yang pinter banget ngejahit.

      Delete
  20. French skirtnya lucu bangeeeettt ^_^
    Padahal aku diajarin menjahit oleh Ibu sejak SMP loh, Mak. Tapi gak pernah diseriusin. Cita-cita pengin jahitin sendiri untuk keluarga masih sebatas angan-angan. Mungkin nanti kalau udah gak sibuk sama bayi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sary,
      Iya lama-lama pasti bisa. Saya juga baru serius belajar lagi sejak anak yang paling kecil berumur 4 tahun.

      Delete
  21. Hiyaaa ampuuuun lucu-lucunyaaa dressnyaaaaa aaawwww jadi pengin bisa njahit iniiih. Gemeeesssss sama anaknya, Mak. Eh loh, gemesss sama baju2nya, sama anaknya juga sik... :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, terima kasih ya Istiadzah. Hayo belajar. :)

      Delete
  22. Wow bagus yaa :D :D . Butuh waktu berapa lama sampai bisa semahir itu mba ? pingin belajar juga tapi kayaknya susah ya hahaha. Lihat ditempat jahit kebaya harus gambar-gambar dulu, padahal aku gak jago gambar tapi pingin bisa jahit, biar kayak mba, bisa buat baju sendiri sesuai selera, plus biar gak samaan dengan pasar hahaha

    *thumbs up* (♥o♥)

    ReplyDelete
  23. Hai Erita,

    Kunjungan balik disini :-) Wow! Bagus bener jahitannya. Rapi, motif bahannya bagus pula. Seperti beli garment jadi. Aku kagum ke orang yang bisa jahit karena aku ngga bisa sama sekali.

    ReplyDelete