Wednesday, January 27, 2016

Summer Trip To East Coast (Part 2b - Harvard University and MIT, Massachusetts) - Kunjungan ke Harvard dan MIT

Hari kedua kunjungan kami di Boston, kami khususkan untuk mengunjungi dua universitas terkenal di Amerika dan di dunia, yaitu Harvard University dan Massachusetts Institute of Teachnology (MIT). Kedua perguruan tinggi ini terletak di kota Cambridge, Massachusetts.

Tujuan utama saya mengunjungi Harvard dan MIT adalah untuk memberikan semangat dan menginspirasi anak-anak saya, terutama anak tertua saya akan pentingnya pendidikan terutama pendidikan di perguruan tinggi. Saya dan suami ingin menaikkan semangat anak saya bahwa apapun bisa dia lakukan jika dia benar-benar menginginkan sesuatu. Kami jelaskan kepada anak-anak kami bahwa untuk di terima masuk di perguruan tinggi seperti Harvard dan MIT tidaklah mudah. Disamping mereka harus memiliki nilai yang bagus atau lolos hasil penyaringan, kami sebagai orang tua juga harus memilik dana yang cukup banyak. Harvard dan MIT adalah dua perguruan tinggi swasta yang sangat mahal. Terus terang, sebagai orang tua, kami tidak akan sanggup membiayai anak-anak kami di perguruan tinggi tersebut, kecuali jika anak kami mendapatkan program beasiswa.


HARVARD UNIVERSITY

Kunjungan pertama kami adalah Harvard University. Saya hampir menangis ketika saya memasuki halaman kampus di Harvard. Saat kunjungan kami, mahasiswa masih dalam liburan musim panas maka banyak pengunjung yang datang terutama adalah para turis. Saya hampir menangis karena waktu saya SMA dulu, saya sering berangan-angan dan bermimpi kuliah di Harvard. Impian yang rasanya sangat jauh dan tidak mungkin saya genggam pada saat itu. Saya sempat gagal ujian penyaringan beasiswa dari Fulbright.

Beruntung sekali kakak ipar saya memiliki teman yang bekerja di Fakultas Hukum atau School of Law di Harvard. Kami pun diberi akses khusus untuk melihat-lihat fakultas hukum di Harvard yang sangat terkenal tersebut. Saya membayangkan beberapa tokoh terkenal dunia yang pernah duduk dan mengenyam pendidikan di Harvard seperti Presiden Barack Obama (dan beberapa mantan presiden Amerika lainnya), Bill Gates, Matt Damon, Natalie Portman, dan Mark Zuckenberg.

Di depan perpustakaan utama Harvard



Sudut asrama mahasiswa

Add caption




Salah satu ruang di perpustkaan - Harvard School of Law

Perpustakaan di Harvard School of Law (Fakultas Hukum)



Yang menarik perhatian saya, referensi buku-buku Islam di Harvard School of Law


Walaupun ngga kesampain kuliah di Harvard, lumayanlah saya bisa lihat-lihat perpustakaannya :)

Ruang baca di fakultas hukum Harvard

Di depan kampus untuk program S2 di Harvard



Anak-anak di depan asrama mahasiswa Harvard. Saya pun berandai-andai saat saya sedang mem-foto mereka. Mungkinkah 8-10 tahun yang akan datang saya akan kembali kesini namun tujuan kali itu adalah untuk mengantar dan melepaskan anak-anak saya berkuliah di Harvard :)

Salah satu gebang masuk di Harvard

Tour anak-anak SMA dari Cina. Banyak masiswa di Harvard adalah para mahiswa dari Cina bahkan mereka pun memiliki tour yang membawa para anak SMA untuk melihat dan mempelajari potensi mereka untuk berkuliah di Harvard. Menurut cerita yang saya dengar, banyak anak-anak tersebut yang awalnya sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris. Atau banyak juga dari mahasiswa tersebut adalah generasi pertama di keluarga mereka yang mengenyam bangku kuliah.

Patung John Harvard

Beristirahat sejenak di halam kampus Harvard




Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Setelah puas berkeliling Harvard dan setelah puas merealisasikan mimpi masa muda yang tidak kesampaian, kamipun melanjutkan perjalanan ke MIT. Jarak dari Harvard ke MIT kami tempuh selama 10 menit dengan naik subway (kereta bawah tanah).

MIT adalah universitas yang lebih mengacu kepada bidang ilmu pengetahuan (science), teknologi dan engineering. Anak lelaki saya sangat menaruh minat yang besar soal science. Dia lah yang paling excited saat kami jelaskan soal MIT. Seperti halnya Harvar, MIT adalah termasuk salah satu universitas swasta yang sangat mahal, walau tidak termasuk dalam kategori Ivy League seperti Harvard.

Kami memiliki dua keberuntungan saat mengunjungi dua universitas tersebut, karena di Harvard dan MIT, kakak ipar saya memiliki koneksi. Jadi tour kami lebih ke pada VIP dimana kami bisa memasuki ruang-ruang tertentu yang tidak bisa dimasuki oleh masyarakat umum.


MIT

Add caption

Tampak depan kampus MIT



Cool sculpture of numbers




Dinding memorial untuk mengenang alumni MIT yang gugur saat perang

Nama-nama para pen-support MIT yang berperan dalam mendukung pembangunan kampus secara mental dan fisikal.




Anak berumur 8 tahun ini berkata, "I am going to study here, school of science"

Ruang lab fakultas teknologi di MIT


Salah satu sudut student center di MIT

Koridor di dalam kampus MIT

Koridor dalam ruang bawah kampus


Dua hari di Boston sebenarnya tidaklah cukup, tetapi saya bersyukur kami sekeluarga dapat mengunjungi tempat-tempat yang menjadi tujuan utama turis di kota Boston dan Cambridge, Massachusetts.
"We will be back, Boston".


Cerita selanjutnya......NEW YORK!!!!

No comments:

Post a Comment